Koleksi, APTIK'S Digital Library

Latar belakang dan Tanggal Berdiri

Unika Widya Mandala sejak awal memandang perlu untuk mendirikan dan mengelola perpustakaan secara profesional dengan tujuan untuk melayani segenap sivitas akademikanya dengan mencari dan mengolah informasi tertulis yang berhubungan erat terutama dengan bidang akademik yang digelutinya.
Seperti telah disinggung sebelumnya, pada Maret 2001, mahasiswa Akademi Sekretari dipindahkan ke kampus yang baru di jalan Dinoyo 48A Surabaya. Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar mahasiswa Akademi Sekretari maka diadakanlah Perpustakaan Akademi Sekretari.

Pada bulan Mei tahun 2001 diadakan Perpustakaan Pengembangan Diri guna melayani sivitas akademika yang ingin mengembangkan dirinya. Perpustakaan ini menempati Lobby Kaca Gedung Benecditus Lantai IV kampus Dinoyo 42. Sayang sekali, karena dianggap kurang efisien dalam pengelolaannya pada akhirnya Perpustakaan Pengembangan diri ini kembali dijadikan satu dengan Perpustakaan Pusat di Kampus Dinoyo 42 Surabaya.

Tujuan

Tujuan Perpustakaan didirikan adalah turut serta melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan memilih, menghimpun, mengolah, merawat dan memberikan pelayanan sumber informasi kepada lembaga induk khususnya dan masyarakat akademis pada umumnya.

Struktur Organisasi dan Personalia Pimpinan Perpustakaan

Mulai berdiri (1960/1961) hingga November 2000 belum ada struktur organisasi yang sah, yang ada hanya struktur "organisasi informal" yaitu Kepala Perpustakaan dibantu oleh Koordinator Pengolahan, Pengadaan, Sirkulasi dan Administrasi.

Seiring dengan perjalanan waktu yang cukup panjang, mulai Tanggal 1 desember 2000 diperpustakaan dibentuk struktur organisasi yang sah (adanya jabatan struktural) yaitu Kepala Perpustakaan dibantu oleh Kepala Bagian Layanan Teknis dan Kepala Bagian Layanan Pemakai.

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka mulai 1 Februari 2005 Perpustakaan ditambah satu bagian baru yaitu Bagian Pengembangqan Media Pembelajaran yang merupakan perlihan dari WMTv (Widya Mandala Televisi yang semula berada di bawah koordinasi BAPSI).

Kegiatan

Sejak awal mula Perpustakaan hanya mempunyai kegiatan-kegiatan rutin sebagai berikut:

  1. memesan dan membeli buku yang dibutuhkan oleh setiap subsistem dari berbagai toko buku yang ada di Surabaya, Madiun maupun yang ada di Jakarta
  2. mengolah semua buku yang baru dibeli dengan klasifikasi model DDC
  3. mengurus sirkulasi buku-buku yang sudah diolah

Semua kegiatan dilakukan pada setiap hari kerja dari Pk. 07.00 - 13.30 WIB. Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan pengguna, dilaksanakan 2 kelompok lembur sampai dengan Pk. 20.00 WIB.

Pada perkembangannya, saat ini jam buka Perpustakaan disesuaikan dengan jam kuliah para mahasiswa.

Perpustakaan Pusat

Senin s/d Jumat   

Pukul 07.30 - 20.00 WIB 

Sabtu   

Pukul 08.00 - 12.00 WIB 

        
Perpustakaan Kampus Kalijudan

Senin s/d Jumat  

Pukul 07.30 - 17.00 WIB 

Sabtu  

Pukul 08.00 - 12.00 WIB 

                                                     
Perpustakaan Pasca Sarjana

Senin s/d Jumat   

Pukul 07.30 - 14.00 WIB, 17.00 s/d 20.00 WIB

Sabtu     

Pukul 12.00 - 18.00 WIB

Minggu 

Pukul 08.00 - 12.00 WIB 

                                                                
Sejak Tahun 1980, diadakan pemesanan buku-buku dari badan-badan dermawan luar negeri yang ingin menyumbangkan bukunya secara cuma-cuma. Badan-badan itu antara lain:

  1. Readers' Service, suatu  badan yang dikelola Gereja-Gereja Protestan di Amerika Serikat yang menghadiahkan buku-buku bekas pakai kepada pihak-pihak yang membutuhkan dengan hanya membayar ongkos kirim
  2. International Book Project, suatu perwakilan (agency) yang menyalurkan buku-buku/majalah, jurnal dan sebagainya yang tidak terpakai lagi oleh pemiliknya ataupun karena yang  bersangkutan meninggal dunia. Semuanya ini diterima secara cuma-cuma apabila dipesan
  3. ASIA Foundation, yang berlokasi di Jakarta. Siapa yang membutuhkan harus pergi sendiri ke Jakarta untuk memilih buku yang cocok. Setiap tahun mendapat 20 buku untuk tiap institusi. Buku-buku dari Asia Foundation ini sebenarnya sudah diperoleh Perpustakaan Widya Mandala sejak Tahun 1970, namun ditingkatkan penggalakannya sejak Tahun 1980.

Disamping itu, pada Tahun 1983 para wisudawan menyumbangkan satu atau dua buku sesuai dengan bidang yang digelutinya. Selanjutnya, pada tahun 1984 sumbangan buku dari wisudawan dihentikan.

Saat ini koleksi Perpustakaan terdiri dari buku, disertasi, kliping, laporan penelitian, skripsi, tesis, majalah, jurnal dan surat kabar, sedangkan bahan pandang dengar yang dimiliki antara lain CD-ROM, disket, filmstrp, kaset, kaset video, mikrofis dan transparansi.

Dengan semakin berkembangnya jumlah sivitas akademika yang perlu dilayani dan jumlah koleksi yang semakin banyak, layanan utama Perpustakaan dikelompokkan menjadi:

  1. Layanan Teknis
    Layanan yang berupa pengadaan dan pengolahan bahan pustaka serta menginformasikan bahan pustaka yang telah diolah.
  2. Layanan Pemakai
    Layanan yang berupa Layanan Sirkulasi (peminjaman, perpanjangn dan pengembalian buku dan pameran buku-baru); Koleksi Tandon dan Skripsi; Referensi; Jurnal/majalah lepas dan terjilid; Katalog terpasang (OPAC); Fotokopi; Bebas Pinjam; Internet; Tax Guide dan Audio Visual.     
    Jumlah dan jangka waktu peminjaman :
    • Mahasiswa diperkenankan meminjam sebanyak-banyaknya 4 (empat) judul buku selama 2 (dua) minggu dan  dapat diperpanjang bila tidak ada yang memesan.
    • Alumni diperkenankan meminjam sebanyak-banyaknya 2 (dua) judul buku selama 2 (dua) minggu dan dapat  diperpanjang bila tidak ada yang memesan.
    • Staf Pengajar dan Karyawan diperkenankan meminjam buku sebanyak-banyaknya 10 (sepuluh) judul buku selama 1 (satu) bulan dan dapat diperpanjang bila tidak ada yang memesan. 
    • Pengunjung dari luar Unika Widya Mandala Surabaya hanya diperkenankan menggunakan koleksi di dalam   perpustakaan saja.
  3. Pengembangan Media Pembelajaran
    Bagian Pengembangan Media Pembelajaran memberikan layanan, antar lain: peliputan acara/kegiatan resmi sivitas akademika baik intern maupun ekstern; menyiarkan baik secara/kegiatan remi sivitas akademika; memproduksi materi pembelajaran dalam bentuk "CD" dan menyajikan secara "on line"  
  4. Layanan Administrasi
    Layanan ini berupa pembuatan surat keterangan bagi mahasiswa  yang ingin memanfaatkan perpustakaan lain dan staf pengajar yang menyerahkan tesis/disertasi

Jasa lainnya adalah memberikan kesempatan magang kepada mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan, murid-murid SMU dan guru-guru SMU yang mengelola perpustakaan; serta melayani pengguna dari luar Unika Widya Mandala Surabaya. 



Forgot password?
 
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


  • HOME     ABOUT WM     THE CHAIRMAN     ADMISSION     ACADEMICS     GALLERY     CONTACTS