Terakreditasi "B"

Tanggal Berdiri dan Perkembangannya

Lembaga Pendidikan Elektronika (LPE) yang merupakan cikal bakal Jurusan Teknik Elektro didirikan oleh Yayasan Widya Mandala pada tanggal 1 Januari 1973 dengan SK Nomor 332/A/Sek/Ya/1972 tertanggal 1 Desember 1972.

Lembaga pendidikan Elektronika (LPE) yang merupakan cikal bakal Jurusan Teknik Elektro didirikan oleh Yayasan Widya Mandala pada tanggal 1 Januari 1973 dengan SK Nomor 332/A/Sek/Ya/1972 tertanggal 1 Desember 1972.

LPE mendapat ijin dari Kopertis wilayah VI Tanggal 21 Januari 1977 dengan SK Nomor 065/L.A./Kpt-6/1977.

Perkembangan ilmu di bidang elektronika berkembang dengan pesat, sehingga sebagian besar dari keperluan hidup manusia pada saat ini dapat dilayani secara elektronik, baik untuk keperluan sipil maupun militer. Karenanya Yayasan Widya Mandala Surabaya memandang perlu untuk meningkatkan pendidikan tinggi di bidang elektronika dalam bentuk program gelar sampai dengan tingkat Stratum-1, disamping meneruskan program non-gelar yang sekarang telah ada. Berdasarkan hel tersebut, Yayasan mengeluarkan SK Nomor 022/Ya/1982 Tanggal 8 Juni 1982 tentang pendirian Fakultas Teknik Jurusan Elektro. Dalam SK ini dijelaskan bahwa Lembaga Pendidikan kejuruan Elektronika yang telah ada, dikemudian hari akan diintegrasikan sebagai Program Diploma (non-gelar) dari Fakultas Teknik Jurusan Elektro tersebut. Berdasarkan SK Nomor 022./Ya/1982 Tanggal 8 Juni 1982 Jurusan ini secara akademik dimulai pada tahun 1982/1983.

Atas dasar Keputusan Rapat Badan Pekerja Unika Widya Mandala Surabaya Tanggal 4 April 1984 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 1981 serta SK Menteri P & K Nomor 0174/O/1983, terhitung mulai Tahun Akademik 1984/1985 nama Fakultas Teknik Jurusan Elektro diubah  menjadi Fakultas Teknologi Teknik Industri (FTI) Jurusan Teknik Elektro.

Satu tahun kemudian, Yayasan Widya Mandala mengeluarkan SK Nomor 083/I/Yay/DIC/1985 Tanggal 8 Agustus 1985 tentang penyusunan Jalur, Jenjang dan Program Pendidikan serta Penataan Kembali Nama Unit/Jurusan/Program Studi di Lingkungan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya - Madiun. Dengan SK tersebut, nama Fakultas Teknologi Teknik Industri (FTI) Jurusan Teknik Elektro diubah  menjadi Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Jenjang Program S-1. Berdasarkan Surat Keputusan ini pula, Lembaga Pendidikan Elektronika dikembangkan menjadi Jenjang Program D-III Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik.

Sesuai dengan SK Mendikbud RI Nomor 0395/O/1986 Tanggal 23 Mei 1986, terhitung sejak Tahun Kuliah 1986/1987 Jurusan Teknik Elektro Jenjang Program S-1 dan D-III memperoleh status "terdaftar".

Setelah berjalan beberapa tahun,perkembangan Jenjang Program D-III Jurusan Teknik Elektro ternyata tidak menggembirakan. Berdasarkan data yang ada, diketahui bajwa secara finansial keberadaaan Jurusan ini non-fesiable dan rendahnya jumlah peminat calon mahasiswa; maka Rektor Unika Widya Mandala Surabaya menutup Program D-III Jurusan Teknik Elektro sejak Tahun Akademik 1992/1993 (Surat kepada Dekan Fakultas Teknik Nomor 060/WM01/I/1992 tanggal 15 Januari 1992).

Peningkatan status "diakui" dperoleh tanggal 11 September 1995 dengan SK Dirjen Dikti nomor 391/Dikti/Kep/1995.

Tiga tahun kemudian, berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Depdikbud RI Nomor 02/BAN-PT/Ak-II/XII/1998 tanggal 22 Desember 1998, Jurusan Teknik Elektro memperoleh status akreditasi peringkat "A". Status ini berhasil dipertahankan selama 5 tahun berikutnya (SK Nomor 027/BAN-PT/Ak-VIII/S1/VII/2004 tanggal 2 Juli 2004).

Badan Akreditasi Nasional memberikan status akreditasi peringkat “B” pada Jurusan Teknik Elektro Unika Widya Mandala melalui SK nomor 027/BAN-PT/Ak-XII/S1/IX/2009 tanggal 11 September 2009 yang berlaku selama 5 tahun ke depan.

Gambaran Umum Teknik Elektro

Jurusan Teknik Eletro Fakultas Teknik Unika Widya Mandala Surabaya menyiapkan mahasiswa agar mampu dalam penerapan teknik elektro, khususnya bidang biomedik, telekomunikasi multimedia dan control industri/robotic yang dibutuhkan dalam masyarakat modern saat ini.

Di Jurusan Teknik Eletro pendidikan di arahkan untuk membentuk hard skill dan soft skill secara terpadu. Mahasiswa diberikan kesempatan yang luas untuk meningkatkan kemampuan teoritis maupun praktis melalui praktikum, studi lapangan/industri, penyertaan dalam berbagai lomba dan melalui pendampingan oleh dosen secara intensif.

Terdapat 7 bidang minat yaitu:
1.      Elektronika
2.      Telekomunikasi
3.      Multimedia
4.      Kontrol
5.      Komputer
6.      Energi Listrik
7.      Biomedika dan Teknik Informatika

Teknik Biomedika yaitu bidang multi disiplin yang menerapkan berbagai metode rekayasa dan ilmiah dengan teknologi yang ada, digunakan untuk memecahkan masalah di bidang biologi dan kedokteran demi meningkatkan kesehatan masyarakat.

Sistem Pendidikan

Pendidikan yang dilakukan untuk membentuk Hard Skill dan Soft Skill secara professional menggunakan system Satuan Kredit Semester (SKS), total studi 144 sks, yang tersebar dalam 8 semester atau 4 tahun dengan menggunakan metode pendidikan: perkuliahan, praktikum, Kerja Praktek/Studi Lapangan/Industri

Fasilitas dan Laboratorium

Dosen-dosen pengajar yang mempunyai kompetensi di bidang ilmunya (Doktor dan Master dari luar maupun dalam negeri), bebas penggunaan fasilitas internet, perpustakaan yang lengkap, ruang kuliah ber-AC dengan fasilitas yang baik, serta Laboratorium yang memadai, meliputi:

  • Laboratorium Telekomunikasi & Multimedia

Analog & Digital Communication Trainer, Antenna System Trainer, Microwave System Trainer, Colour - Black & White Television Trainer, Spectrum Analyzer, Digital Satelite Receiver

  • Laboratorium Teknik Biomedika

Plethysmogram, Wireless ECG, PC-Based Biopac Instriment (ECG & EMG),  Smart Sensors, Biomedical Engineering, Experimental Kits, Basic Medical Instruments

  • Laboratorium Komputasi
  • Laboratorium Telekomunikasi dan Multimedia

Analog & Digital Communication Trainer, Antenna System Trainer, Microwave System Trainer, Colour-B/W Television Trainer, Spectrum Analyser, Digital Satelite Receiver

  • Laboratorium Sistem Kontrol

Feedback Analog & Digital Control Trainers, Many set of Programmable Logic Controllers (PLC), Pneumatic Trainer, Motion Control, Digital Ascilloscope

  • Laboratorium Mikroprosessor

Tektronix Logic Analyzer, Microprocessor Trainer Modul DT 51 & AVR

  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Instrumentasi Elektronika

Labview National Instrument 5ed, Intelligent Sensors and Transducer

  • Laboratorium Konversi Energi Listrik

Electrical Installation, Synchronization Control, Inverter Control, DC & AC Motors, Three Phase Generator, Transformators

  • Laboratorium Elektro Mekanik

Mesin Pelipat Plat, Mesin Potong Plat (Guilotine Shear), Mesin Gergaji (Hack Saw Machine), Mesin Skrap, Mesin Gerinda, Mesin Bubut, Air Compressor

  • Laboratorium Elektronika
  • Laboratorium Rangkaian Listrik
  • Laboratorium Digital

Texas Instrument Digital Signal Processing, Altera Digital Signal Processing

Prospek Lapangan Kerja

Bidang yang dapat didukung secara spesifik:

  • Telekomunikasi & Multimedia, Teknologi Informasi Industri Peralatan Telekomunikasi, Radio & Television Broadcasting, WEB Designer, Wireless Telecommunication, Perancangan Sistem Multimedia, Digital Imaging, wirausaha berbasis e-shop, e-business, Jaringan Komputer
  • Teknik Biomedika
    Industri Peralatan Kesehatan, Sistem Support, Medis, Tenaga Ahli Teknik Biomedika di berbagai rumah sakit dan instansi kesehatan
  • Industri
    Robotik, Kontrol Industri, Instrumentasi Industri, Konversi & Pembangkit Energi, Sistem Elektronika Industri, Pengolahan Data Elektronika
  • Marketing Teknologi

Bidang Penelitian (Riset)

Bidang Riset yang dilakukan oleh dosen bersama dengan mahasiswa, antara lain:

  1. Jaringan komputer dan pemrograman WEB
  2. Robotika dan Mekatronika
  3. Kontrol Industri
  4. Sensor dan Instrumentasi
  5. Electromagnetic Compability
  6. Microprosessor dan Microcontroler
  7. Telekomunikasi Multimedia (digital imaging & video editing, cinema)
  8. Elektronika Industri
  9. Peralatan Rehabilitasi Medis
  10. Otomatisasi Proses Industri
  11. Wireless ECG
  12. Wireless Communication
  13. SCAIDA

Hubungan Kerjasama

Kerjasama dengan instansi-instansi terkait, baik pemerintah maupun swasta baik dalam negeri maupun luar negeri, antara lain:

  1. Adelaide University, Australia (Articulation Program)
  2. De La Salle University, Philippines (Exchange Program)
  3. Rijksuniversiteit Groningen (RuG), Netherlands
  4. UNESCO International Center For Engineering Education, Monash University Australia
  5. PT. Hartono Istana Teknologi (Polytron), Kudus
  6. PT. Fuboru Indonesia, Sidoarjo
  7. PT. Selatan Jadi Raya Baterry (SJJB), Sidoarjo
  8. Adamson University, Philippines
  9. Guang Xi University, China
  10. Shanghai Medical College, China
  11. PT. PLN
  12. PT. TELKOM
  13. PT. Petrokimia Gresik
  14. PT. Radio Bahtera Yudha
  15. PT. PAL
  16. ITS
  17. ITB
  18. PENS

Prestasi yang diraih

  1. Finalis Kontes Robot Indonesia (KRI) di UI Jakarta untuk tujuh tahun berturut-turut
  2. Juara I Lomba Cipta Elektronika Nasional 2005 di ITS untuk bidang industri
  3. Pemenang The Best Effort untuk kategori Teknik Biomedika pada lomba Cipta Elektronika Nasional 2006 di ITS
  4. Pemenang Robot Favorit pada Kontes Robot Cerdas Indonesia 2006 di UI Jakarta
  5. Finalis Program Kreativitas Mahasiswa Nasional 2006 untuk kelompok Elektro
  6. Juara II Lomba Cipta Elektronika Nasional 2006 di ITS untuk bidang industri
  7. Finalis Lomba Cipta Elektronika Nasional 2007 di ITS untuk bidang industri
  8. Kontes Robot Indonesia Tingkat Regional IV pada tanggal 17-18 Mei 2008 di ITS sebagai: Juara II robot Beroda (Expert), Juara III Robot Beroda (Wheeled) dan Ranking III Robot Berkaki (Legged)

Testimoni Alumnus

Arvin Wijayakusuma, ST

Non scholae sed vitae discimus, bukan sekedar semboyan, tapi benar-benar saya alami di Jurusan Teknik Elektro Widya Mandala. Saya bangga berkesempatan belajar di Jurusan Teknik Elektro Widya Mandala dengan lingkungan dan dosen yang sangat mendukung.

Yustinus Astanto, ST

Telah banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapat selama mengikuti kegiatan perkuliahan di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Katolik Widya Mandala surabaya. Tidak hanya ilmu yang berkaitan dengan jurusan yang saya pilih, melainkan juga ilmu untuk bekal saya menempuh hidup.

Sesuai motto "Non Scholae Sed Vitae Discimus" yang ditanamkan dalam setiap mata  perkuliahan, membuat saya semakin benar-benar memahami betapa pentingnya ilmu yang saya pelajari bagi kehidupan sehari-hari.
Didukung dengan fasilitas laboratorium yang cukup memadai dan dibantu dengan para pengajar yang cukup berpengalaman dan penuh dedikasi serta suasana belajar yang cukup menyenangkan, membuat saya benar-benar merasa seperti berada di rumah sendiri sehingga proses belajarpun menjadi lebih mudah dan menyenangkan, ilmu yang diberikanpun juga lebih mudah diserap.

Disamping itu, kurikulum dan materi yang di berikan juga kompetitif dan selalu mengikuti perkembangan jaman. Dimana hal ini begitu membantu saya dalam kegiatan yang saya tekuni saat ini sebagai seorang Engineer dalam
bidang Instrumentasi.

Dalam dunia kerjapun, lulusan Fakultas Teknik UWM sudah banyak diperhitungkan  dan tidak sedikit dari lulusan-lulusan tersebut menempati posisi-posisi strategis dalam perusahaan.
Bravo Fakultas Teknik, tetap semangat, tingkatkan terus prestasi, maju terus, pantang mundur.
Peace..


Jurusan Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro

 

Jurusan Teknik Elektro

 

Jurusan Teknik Elektro

 

Jurusan Teknik Elektro

 

Fakultas Teknik
Unika Widya Mandala Surabaya
Jl. Kalijudan 37
Surabaya 60114 - Indonesia
Telp. 62-31-389 3933 ext. 103
Fax. 62-31-389 1267
E-mail: elektro@mail.wima.ac.id
http://www.eng.wima.ac.id/elektro/

Forgot password?
 
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


  • HOME     ABOUT WM     THE CHAIRMAN     ADMISSION     ACADEMICS     GALLERY     CONTACTS